Direktori Kerja program R

Working directory??


Working directory atau direktori kerja adalah folder aktif pada suatu sesi kerja pada R. Pengguna hanya dapat mengakses file script R dan data file yang hanya berada pada direktori kerja. Jika pengguna ingin mengakses data diluar direktori kerja, maka harus menuliskan lokasi folder dengan nama file yang spesifik.


Dibawah ini adalah contoh untuk memanggil data yang berada pada working directory.



Kemudian dibawah ini adalah contoh mengakses data yang berada di luar working directory.


perintah diatas mempunya arti, penulis ingin mengakses data yang berada dilokasi folder Blog > Materi > Working Directory > dan nama file yang ingin diakses adalah contoh.csv. Perintah sep = ";" berarti penulis memberikan identifikasi pemisah antara kata dengan tanda ";".


Mengetahui lokasi working directory


Untuk mendapatkan informasi direktori kerja yang terbaru dapat menggunakan fungsi getwd(). Dibawah ini adalah contoh penggunaan perintah dan hasil keluarannya




Mengubah/Menentukan working directory

Jika sobat ingin membaca file dari lokasi spesifik atau membuat file dan menyimpannya di lokasi spesifik maka sobat perlu menentukan lokasi direktori kerja di R. Contoh dibawah ini memperlihatkan bagaimana menentukan direktori kerja di R ke dalam folder "SETDW" diantara folder Blog pada direktori E. 


Ingat bahwa sobat harus menggunakan forward slash / atau double backlash \\ pada R. Jika menggunakan single backlash akan mengalami error.

Sekian, semoga bermanfaat. Sampai jumla lagi!

----
Referensi
  1. Anon. 2016. How to set working directory  in R. Diakses daring pada  http://rprogramming.net/set-working-directory-in-r/ tanggal 8 November 2017.
  2. Reza, M. Faisal.  2016. Seri Belajar Data Science Klasifikasi dengan Bahasa Pemrograman R.


1 komentar:

Terpopuler