Menyimpan data dalam bentuk file

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi sedikit pengetahuan bagaimana cara menyimpan data ke bentuk file sesuai keinginan. Sebelumnya, sobat tentukan dulu lokasi direktori untuk menyimpan datanya. Caranya seperti pada bab sebelumnya:


pada kasus ini, saya mengatur lokasi direktori di folder BLOG > CONTOH. Sobat dapat menyesuaikan dengan lokasi folder yang diinginkan pada pc sobat. Pada contoh ini akan digunakan simulasi iris dataset yang terdapat pada package bawaan R.


Command write.csv() digunakan untuk menulis file yang berisi nilai-nilai yang dipisahkan oleh koma. Untuk menyimpan dataset iris ke lokasi direktori yang telah ditentukan, maka sobat dapat menuliskan sintaks seperti diatas. Uraian penjelasan sintaks diatas yaitu sobat ingin mengubah iris (objek yang ingin disimpan) dengan nama "contoh1.csv".  Mudah bukan? mari kita lihat hasilnya setelah di eksekusi. 




Command write.table betujuan untuk menulis file yang nilai-nilainya dipisahkan oleh tab. Sebagai contoh diatas, maka saya akan menyimpan data iris kedalam file bernama "contoh2.txt".



1 komentar:

Terpopuler