Tahapan install Program R

Halo.
Pada postingan kali ini, saya akan mengulas tahapan mengunduh sekaligus memasang perangkat lunak R. Namun, tutorial ini hanya untuk pengguna sistem operasi windows hehe. Oke sebelumnya sedikit pengantar, mengapa R?
Mulai dari pengertian terlebih dahulu, jadi secara umum R merupakan bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistika. Asal muasal dinamakan R karena penemu ataupun pencipta program ini keduanya mempunyai nama berawalan huruf R, yaitu; Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Departemen Statistika, University of Auckland, Selandia Baru. R versi pertama kali diciptakan pada tahun 1993. Menempati urutan ke-5 sebagai program yang paling populer digunakan oleh ilmuwan data A.K.A data scientists per tahun 2017. Pengguna dapat mengunduh program ini secara bebas tanpa harus membayar lisensi alias GRATISS! Nah, untuk informasi lainnya teman-teman dapat kulik sendiri ya! Hehe.
Beralih ke pokok ulasan kali ini, yaitu tahapan menginstall program R. Berikut adalah penjelasannya:
  1. Pastikan PC/Laptop sobat terkoneksi internet. Hehe.
  2. Buka situs https://cran.r-project.org untuk mengunduh file instalasi R dalam sistem operasai Windows, Linux dan lainnya.
  3. Setelah berhasil terunduh, klik dua kali file R-3.4.2-win.exe maka akan muncul tampilan seperti berikut:
  4. Setelah itu, klik next dan sobat dapat melanjutkan proses install sebagaimana biasanya menggunakan pilihan default instalasi.
  5. Kemudian setalah sukses terinstall, sobat dapat klik shortcut R yang berada di Dekstop. Apabila proses instalasi berjalan dengan baik, maka tampilan awal program R yang akan terlihat seperti berikut ini:

Nah, tampilan diatas merupakan lembar kerja software R. Tanda “>” mengindikasi bahwa R menunggu perintah yang akan diberikan oleh pengguna. Penamaan terhadap objek bersifat sensitif. Maka dari itu sobat harus membedakan huruf kapital dan huruf kecil. Ketika sobat membuat objek dengan nama “Data” akan berbeda dengan “data”. Pemberian nama objek dapat dimulai dengan huruf (A-Z atau a-z). Kemudian dapat mengandung angka (0-9), titik (.) dan garis bawah (_).

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat. Selanjutnya inshaAllah akan dibahas beberapa hal dasar seputar program R. Tunggu yaa!

Referensi :
1. Robert A. Muenchen. 2017. The Popularity of Data Science Software. Diakses secara daring pada situs http://r4stats.com/articles/popularity/ tanggal 26 2017.
2. Tutorials Point. 2016. R Programming. Diakses secara daring pada situs http://www.tutorialspoint.com/r/r_tutorial.pdf tanggal 26 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler