Tahapan install Rstudio

Selamat siang!

Kali ini saya akan mengulas bagaimana tahapan instalasi Rstudio. Eits tapi sebelumnya sobat udah tau belum apa perbedaan R dengan Rstudio?

Jadi,

Pada postingan Tahapan install program R sudah dijelaskan secara umum mengenai RGui. Lalu apa bedanya dengan Rstudio? Rstudio tool pemrograman atau integrated development environment (IDE) merupakan bahasa R yang memiliki antarmuka lebih baik daripada RGui. Tanpa melakukan instalasi program RGui, sobat tidak bisa menjalankan fungsi RStudio. Jadi ada keterkaitan antar keduanya. Pada konfigurasi Rstudio diperlukan versi RGui yang biasanya sudah disesuaikan otomatis oleh Rstudio saat proses instalasi.
Rstudio memiliki 2 versi lisensi, diantaranya Open Source Edition dan Commercial Edition. Untuk mengunduh Rstudio sobat dapat meluncur langsung ke situs https://www.rstudio.com/products/RStudio/. Tersedia untuk palform Windows, Mac OS X dan Linux versi Ubuntu dan Fedora.

Lanjut ke tahapan proses installasi
Versi RStudio saat postingan ini ditulis adalah 1.1.383. Berukuan 85,8 Mb dengan nama file Rstudi0-1.1.383 Setelah proses mengunduh telah selesai sobat tinggal klik 2 kali untuk melakukan proses intalasi.
Saat di klik tombol next, sobat akan diarahkan untuk memilih lokasi installasi. Jika ingin merubah lokasi maka sobat klik tombol Browse. Kemudian klik tombol next
Selamat menunggu hingga proses intallasi selesai. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Klik tombol finish dan kilik shortcut Rstudio yang terdapat di dekstop sobat. Maka akan muncul tampilan awal kurang lebih seperti berikut:

Setelah ini sobat tinggal mengoperasikan Rstudio saja. Sekian postingan siang ini, semoga bermafaat. Sampai jumpa dilain waktu!

Referensi :
  1.  https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-R-and-RStudio diakses secara daring pada tanggal 29 Oktober 2017
  2. Reza, M. Faisa.  2016. Seri Belajar Data Science Klasifikasi dengan Bahasa Pemrograman R.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler